5 Tips Menginap di Bandara

Ingin menghemat pengeluaran sebanyak mungkin saat traveling? Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah menginap di bandara. Jadi, Anda tidak perlu membayar penginapan selama satu hari. Hemat bukan? Tetapi berhati-hatilah agar tidak menyalahi peraturan. Berikut ini adalah 5 tips menginap di bandara.


1. Pilih penerbangan yang sampainya malam


Kalau bisa, pilihlah penerbangan yang sampainya di atas pukul sembilan malam. Jadi setelah menyelesaikan sejumlah proses, Anda bisa langsung mencari tempat untuk istirahat di bandara. Tentu hal tersebut lebih nyaman. Berbeda jika Anda sampai saat jam-jam ramai, tentu bandara masih penuh sesak dan harus menunggu lebih lama.

2. Ambil bagasi jika ada


Setelah turun dari pesawat, Anda dan penumpang lain akan berjalan sampai ruangan yang berisi ban berjalan. Barang-barang yang dititipkan di bagasi sebelumnya akan muncul satu per satu di ban tersebut. Sebaiknya Anda memerhatikan dengan cermat. Jangan sampai salah mengambil barang orang lain. Sebelum berangkat, sebaiknya Anda menandai tas dengan sesuatu yang mencolok, contohnya gantungan kunci berwarna terang yang bisa ditulisi nama dan kontak pemilik. Bagaimana kalau Anda tidak menaruh apapun di bagasi pesawat? Tidak perlu repot-repot mengantre, langsung saja lakukan proses selanjutnya.

3. Jika turun dari penerbangan internasional, selesaikan imigrasi dulu


Berniat menginap di bandara setelah naik penerbangan internasional? Setelah turun dari pesawat dan mengambil bagasi, pastikan Anda langsung menuju konter imigrasi. Proses imigrasi sangat penting karena dari sanalah Anda memperoleh izin untuk memasuki negara tersebut. Jika sudah selesai, barulah bisa melakukan hal lainnya.

Jika tiba di bandara saat larut malam, biasanya petugas imigrasi lebih sedikit. Jadi antrean pun lebih panjang. Supaya proses efektif, sebaiknya tiap penumpang menyiapkan paspor dan tiket sebelum dipanggil. Jadi saat menghadapi petugas imigrasi, tidak perlu membuang waktu lagi untuk mencari-carinya.

4. Pilih tempat yang nyaman untuk tidur


Jika proses imigrasi telah selesai, sekarang saatnya mencari tempat untuk bermalam. Setiap bandara menawarkan fasilitas yang berbeda. Ada bandara yang menawarkan fasilitas lounge yang nyaman, tetapi ada juga yang hanya menyediakan sejumlah kursi. Anda bisa mengecek fasilitas tersebut melalui peta bandara atau internet. Carilah pengalaman orang-orang yang pernah menginap di bandara tersebut.

Setelah menemukan tempat untuk istirahat, buat posisi Anda senyaman mungkin. Usahakan bisa tidur dengan meluruskan kaki. Agar tidak kedinginan, pakailah selimut atau jaket. Bagaimana dengan barang bawaan? Supaya tidak diambil orang lain selama Anda tidur, jadikan saja bantal. Anda juga bisa menitipkannya di loker khusus bandara yang berbayar.

5. Berhati-hatilah, tidak semua bandara memperbolehkan menginap


Sebelum memutuskan untuk menginap di bandara, pastikan bahwa hal tersebut memang diperbolehkan di sana. Sebab, ada bandara yang peraturannya sangat tegas. Jika ketahuan menginap padahal penerbangan selanjutnya masih lama, bisa-bisa Anda diusir. Tidak hanya itu, Anda bahkan bisa diinterogasi petugas dan tidak diizinkan masuk negara itu lagi dalam jangka waktu tertentu. Anda akan langsung diminta kembali ke negara asal.

Supaya hal tersebut tidak terjadi, carilah informasi sebanyak mungkin sebelum berangkat. Jangan sampai liburan gagal karena Anda mengalami masalah di bandara. Kalau memang tidak boleh menginap di bandara tersebut, lebih baik Anda menyewa kamar di penginapan. Lebih baik keluar uang sedikit lebih banyak daripada liburan gagal.

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Contributors

5 Alasan untuk Traveling ke Luar Negeri Sekarang Juga

Sekarang siapapun bisa traveling ke luar negeri. Hal-hal yang diperlukan semakin mudah dan murah. Sayangnya, masih banyak orang yang ragu ...

Scroll To Top