5 Tips Saat Traveling Naik Pesawat

Berencana naik pesawat saat traveling? Ada berbagai peraturan yang harus diperhatikan. Pastikan untuk mematuhinya agar Anda tidak ditegur pihak bandara. Langsung saja, berikut ini adalah 5 tips saat traveling naik pesawat.


1. Lakukan web check in


Sekarang Anda bisa melakukan web check in, yaitu check in mandiri secara online. Caranya adalah membuka website maskapai yang tiketnya Anda beli, lalu pilih web check in dan masukkan kode booking Anda ke sana. Jika proses berhasil, Anda akan dikirimi boarding pass. Jadi saat sampai di bandara, tidak perlu mengantre di konter check in lagi. Kalau naik penerbangan internasional, langsung saja ke bagian imigrasi. Jadi lebih hemat waktu.

2. Datang awal ke bandara


Ada berbagai proses yang harus dilalui mulai dari masuk pintu bandara hingga masuk pintu pesawat. Di antaranya adalah pemeriksaan barang bawaan, pemeriksaan tubuh dengan metal detector, check in di konter atau self check in, imigrasi, hingga menungu sampai boarding time. Semua itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Jadi, sebaiknya Anda datang seawal mungkin ke bandara. Sebab, terkadang antrean sangat panjang. Jangan meremehkan waktu karena bisa-bisa Anda ketinggalan pesawat karena itu. 

3. Hindari membawa barang-barang yang dilarang


Pemeriksaan di bandara cukup ketat, apalagi jika naik penerbangan internasional. Kalau ketahuan membawa barang yang dilarang, barang tersebut akan disita. Bahkan kemungkinan terburuknya, Anda akan ditangkap dan diinterogasi. Jadi berhati-hatilah.

Apa saja benda yang tidak boleh dibawa naik pesawat? Di antaranya adalah benda-benda tajam seperti pisau, gunting, hingga pemotong kuku. Semua akan disita saat pemeriksaan barang melalui mesin X-ray. Tidak hanya itu, Anda juga dilarang membawa cairan yang melebihi 100 ml jika hendak naik penerbangan internasional. Jadi, bawalah sampo atau pembersih makeup dalam ukuran 100 ml atau kurang. Bagaimana dengan air minum? Biasanya, Anda akan disuruh membuangnya apalagi jika sudah dibuka.

4. Pahami apa itu boarding time


Ada beberapa istilah asing dalam penerbangan. Pahamilah satu per satu agar tidak terjadi kesalahan. Misalnya, check in adalah istilah untuk mendaftar di konter maskapai. Di sana, Anda harus menunjukkan bukti pemesanan dan kartu identitas. Jika membawa barang untuk disimpan di bagasi, Anda juga dipersilakan untuk menimbangnya. Barulah setelah itu petugas memberi tiket boarding pass.

Di dalam tiket tersebut, Anda akan mengetahui informasi nomor tempat duduk dan boarding time. Yang dimaksud dengan boarding time adalah waktu untuk mulai masuk ke pesawat. Ada puluhan kursi di dalam pesawat, jadi para penumpang butuh waktu yang cukup lama untuk masuk satu per satu, mencari kursi yang sesuai tiket, dan menaruh barang-barang. Jangan sampai ketinggalan waktu untuk boarding time. Sebab, bisa-bisa Anda ditolak masuk ke pesawat dan tiketnya menjadi hangus.

5. Menjaga ketertiban di dalam pesawat


Anda bukanlah penumpang satu-satunya di dalam pesawat. Oleh karena itu, jaga ketertiban dengan baik. Jangan mendesak-desak orang lain saat masuk ke pesawat. Tunggu saja dengan sabar, giliran Anda akan datang juga. Lalu duduklah di kursi yang sesuai dengan nomor tiket. Jangan menduduki kursi orang lain, sebab akan menimbulkan kekacauan. Anda juga harus meletakkan barang-barang dengan rapi. Sebisa mungkin, letakkan tas di kabin. Kalau sudah penuh, letakkan saja di bawah kursi.

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Contributors

5 Alasan untuk Traveling ke Luar Negeri Sekarang Juga

Sekarang siapapun bisa traveling ke luar negeri. Hal-hal yang diperlukan semakin mudah dan murah. Sayangnya, masih banyak orang yang ragu ...

Scroll To Top